Skenario
Modul CRM
Selamat
malam rekan-rekan semuanya, untuk kesempatan kali ini, saya akan memposting
tentang scenario dari modul dari CRM.. yuk kita intip dari isi tersebut..
Bismillahhirrahmanirrahim..π§
PT.KITA
ini, menjual segala macam peralatan computer seperti laptop, computer, cpu, dan
lain-lain. PT.KITA menjalin kerja sama
dengan PT Kaktus Berduri. PT.KITA diharapkan bisa memberikan pelayanan untuk
para customer dalam menjual perangkat keras.
Dalam hal ini,
PT.KITA masih memperkerjakan sedikit karyawan dikarenakan PT. ini baru berdiri
di tahun 2016.
PT.KITA
dalam hal ini, menyediakan layanan melalui email, maupun telepon dengan
pelanggan.
Di
PT.KITA terdapat modul seperti CRM, HRD, sales, e-commerce, Modul Khusus. Saat
ini, saya mendapatkan modul CRM. Di CRM ini, kita dapat melakukan aktivitas
seperti komunikasi penyambung dengan costumer, komunikasi penyambung dengan
costumer dimaksudkan, kita menjadi penghubung antara calon costumer dengan
PT.KITA.
Jika calon costumer setuju dengan penawaran kita, maka calon costumer
tersebut telah menjadi costumer di PT.KITA. selanjutnya, akan ditangani oleh
sales.
π€ Scenario
dari CRM itu sendiri seperti berikut
Awalnya, CRM menuliskan
nama-nama calon costumernya, lalu kita mengubungi calon costumer tersebut. Bisa
dengan cara email, telepon, atau meeting. CRM dapat mencatat jadwal meeting
dengan calon costumer. CRM dapat membuat layanan chat online dengan calon
costumer. Jika calon costumer tersebut sudah make a deal dengan kita, kita juga
dapat membuat listnya di dalam odoo kita..
Memasukkan data customer ->
leads -> membuat opportunities -> quotations -> mengisi sales order
[ Contoh dari menu Leads ]
-
Menu leads ini kita
gunakan setelah mengisi data-data customer
[ Contoh dari menu Logged Calls
]
-
Logged calls ini
dapat dibuat untuk membuat jadwal meeting atau kapan kita harus menghubungi
customer
[ Contoh dari menu Quotations ]
-
Jika calon customer
sudah setuju, maka kita dapat membuat data kesepakatan dengan customer tersebut
sebagai tanda bukti customer akan membeli produk kita. Kita juga dapat
mengirimkannya via email
[ Contoh dari menu Opportunities
]
-
Setelah itu, membuat
opportunitiesnya. Jika calon customer tersebut setuju dengan produk penawaran
kita, maka klik mark won
Adapun Fungsi dari setiap menunya
seperti :
- π leads memungkinkan perusahaan untuk
mengelola dan melacak semua kontak awal dengan calon pelanggan atau mitra yang
menunjukkan minat pada produk atau jasa perusahaan. Hal ini akan menjadi
langkah awal dalam siklus penjualan perusahaan. Jika memenuhi kualifikasi, lead
(calon pelanggan atau mitra tadi) bisa menjadi oportunitas bisnis. Informasi
yang diberikan kepada manajer digunakan untuk mengendalikan strategi hubungan
dengan calon pelanggan yang nantinya bisa berubah (dikonversi) menjadi
oportunitas bisnis.
- π Opportunities memungkinkan perusahaan untuk dapat
mengelola dan melacak pipeline penjualan dengan menciptakan
pelanggan spesifik yang terkait dengan penjualan dokumen untuk menindaklanjuti
potensi penjualan. Informasi seperti pendapatan yang diharapkan, tahapan
oportunitas, tanggal penutupan yang diharapkan, riwayat komunikasi dan
sebagainya dapat disimpan di Opportunities.
π Logged Calls memungkinkan
perusahaan untuk mencatat panggilan inbound dengan cepat. Setiap panggilan
masuk akan muncul pada form mitra untuk melacak setiap kontak yangmana
perusahaan dan mitra sama-sama memiliki. Perusahaan juga dapat memicu
permintaan untuk panggilan lain, pertemuan ataupun oportunitas.
___________________________________________________________________
Berikut adalah Video dari
Skenario CRM yang telah saya upload ke Youtube
Diharapkan, CRM dapat menemukan
banyak costumer untuk perusahaan. Untuk itu, CRM terkadang menjalin kerjasama
dengan sales..
________________________________________________________________
________________________________________________________________
Upload ke Gitbook
Ada
sedikit cerita, saat saya ingin men-upload file saya kea kun gitbook
saya. Saat
saya ingin sign in ke akun gitbook saya, password saya berulang kali
mengalami
kesalahan. Saya sudah mencoba mengingat-ingat dengan baik password
gitbook saya
tetapi, tetap invalid password. Saya telah mencoba-cobanya hingga
berkali-kali. Tetapi tetap belum menemukan titik temu. Hingga akhirnya,
saya men-klik reset password
Pada reset password, saya
menemui perintah masukkan alamat email. Saya masukkan alamat email saya, dan
tak lama email baru pun muncul. Saya mengikuti perintah dari gitbook untuk
men-klik link untuk me-reset password.
Saya klik link tersebut, lalu
muncul jendela masukkan password baru. Saya ketik password baru saya…
Namun, sangat disayangkan
sekali. Saya tidak tahu ada apa dengan gitbook. Saya sudah mencobanya sebanyak
13 kali me-reset password tetapi selalu saja hasilnya “invalid reset token”.
Saya mulai putus asa dengan akun
gitbook saya..π’π’π’π’π’π’π’π’
Lalu, dengan berat hati saya putuskan untuk
membuat akun gitbook baru dengan email saya yang sudah saya buat jauh sebelum
terjadinya peristiwa hari ini.. dengan nama email ainalisanabellos@gmail.com dan username gitbook baru saya adalah
scoobydoo1
artikel pada halaman ini telah saya post ke dalam akun gitbook baru saya..
Sekian dari scenario CRM dari
saya..
Terimakasih
#SALAM SUKSESπ
0 komentar:
Posting Komentar