MODUL CRM - TUGAS UTS
Pada kesempatan UTS mata kuliah Sistem Informasi Industri ini, saya akan meng-upload tentang modul CRM yang telah saya buat dengan Odoo dalam beberapa waktu lalu. untuk informasi selengkapnya, silahkan klik baca selengkapnya dibawah ini :
➤ Sebagai permulaan, saya akan menjelaskan tentang definisi CRM itu sendiri.
________________________________________________________________
➤ selanjutnya, fungsi dari CRM itu sendiri adalah sebagai berikut :
1. Mengidentifikasi kepada pelanggan-pelanggan
2. Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
3. Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
4. Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
5. Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
6. Menangani keluhan/komplain pelanggan
7. Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
8. Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan
⏩ singkatnya, fungsi CRM yaitu
untuk menghubungkan suatu perusahaan dengan calon pelanggan. dalam modul tersebut, kita dapat membuat penjadwalan, contohnya untuk membuat jadwal pertemuan dengan pelanggan untuk menawarkan produk. setelah pelanggan setuju untuk membeli produk tersebut, hal itu akan diambil alih oleh sales yang akan melayani costumer tersebut.
⧭ nah setelah itu, saya akan menjabarkan langkah-langkah dari mengisi modul CRM itu sendiri.
1. Membuat kontak costumer
a. klik menu sales
b. klik create pada jendela sales
c. kontak costumer telah tersimpan
d. saya menyimpan kontak PT.KBE. nah, berikut adalah detail dari kontak PT.KBE
2. Setelah itu, buatlah penjadwalan untuk bertemu calon customer di menu jendela leads
definisi dari leads :
" Leads memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan melacak semua kontak awal dengan calon pelanggan atau mitra yang menunjukkan minat pada produk atau jasa perusahaan. Hal ini akan menjadi langkah awal dalam siklus penjualan perusahaan. Jika memenuhi kualifikasi, lead (calon pelanggan atau mitra tadi) bisa menjadi oportunitas bisnis. Informasi yang diberikan kepada manajer digunakan untuk mengendalikan strategi hubungan dengan calon pelanggan yang nantinya bisa berubah (dikonversi) menjadi oportunitas bisnis. "
🔺 MEMBUAT JADWAL PERTEMUAN DENGAN CALON CUSTOMER
-
Klik menu leads pada jendela odoo
-
Lalu isi daftar leadsnya seperti ini
-
Buat schedule lognya
-
Pilih create pada jendela logged calls
-
Jadwal pertemuan sudah jadi…
-
Setelah sudah, kita ke opportunities untuk
peluang untuk menjadikan calon customer tersebut membeli barang kita
-
Setelah itu, klik pada kolom call summarynya
-
Klik convert to opportunity
- Tampilan jika sudah convert opportunity
- Jika calon customer mau mengambil barang kita, klik mark won. Mark lost artinya calon customer gagal/tidak mau dengan barang kita. Sekarang, kita coba klik mark won karena calon customer setuju dengan produk kita. Lalu, create quotation
Tahap mark won mark lose, adalah tahap terakhir dari CRM. selanjutnya, akan diambil alih oleh Sales
___________________________________________________________
noted :
⏩ Opportunities memungkinkan perusahaan untuk dapat
mengelola dan melacak pipeline penjualan dengan menciptakan
pelanggan spesifik yang terkait dengan penjualan dokumen untuk menindaklanjuti
potensi penjualan. Informasi seperti pendapatan yang diharapkan, tahapan
oportunitas, tanggal penutupan yang diharapkan, riwayat komunikasi dan
sebagainya dapat disimpan di Opportunities.
⏩
Logged Calls memungkinkan perusahaan untuk
mencatat panggilan inbound dengan cepat. Setiap panggilan masuk akan muncul
pada form mitra untuk melacak setiap kontak yangmana perusahaan dan mitra
sama-sama memiliki. Perusahaan juga dapat memicu permintaan untuk panggilan
lain, pertemuan ataupun oportunitas.
0 komentar:
Posting Komentar