Human Resource Development

Human Resource Development


Berikut merupakan tugas dan Tanggung Jawab HRD

1.      HRD ( Human Resources of Development ) Manager

HRD (Human Resources of Development) Manager ini mempunyai fungsi dan lingkup pekerjaan yaitu :
     a.      Bertanggung jawab di dalam pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia, yaitu                 dalam
              hal perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan sumber daya manusia, termasuk                     pengembangan kualitasnya dengan berpedoman pada kebijaksanaan dan prosedur yang                       berlaku di perusahaan.
     b.      Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan                   government & industrial serta mempunyai kewajiban memelihara dan menjaga citra                             perusahaan.
              Sedangkan uraian tugas dari HRD (Human Resources of Development) Manager adalah                       sebagai berikut:
              a.      Menyusun, merencanakan, mengawasi dan mengevaluasi anggaran biaya kegiatan                                secara efektif dan efisien serta bertanggung jawab terhadap setiap pengeluaran hasil                              kegiatan
              b.      Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengawasan dan melaksanakan evaluasi                              terhadap jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
              c.      Melaksanakan seleksi, promosi, transfering, demosi terhadap karyawan yang dianggap                        perlu.
              d.      Melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan, pelatihan dan kegiatan lain yang                                      berhubungan dengan pengembangan mental, keterampilan dan pengetahuan  karyawan                        sesuain dengan standard perusahaan.
              e.      Bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berhubungan dengan rekapitulasi absensi                            karyawan,perhitungan gaji, tunjangan dan bonus.

2.      HRD ( Human Resources of Development ) Recruitment

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
      a.      Bertanggung jawab dalam membantu dan melaporkan kepada HRD (Human Resources Of                  Development) Manager dalam bidang hiring & firing tenaga kerja.
      b.      Menyusun prosedur seleksi recruitment karyawan baru.
      c.      Melakukan koordinasi ke departemen lain untuk mengumpulkan rencana permintaan                            karyawan setiap tahun dan membuat status data karyawan dan turnover setiap bulan dari                      masing-masing divisi.
      d.      Memasang iklan lowongan kerja, melakukan sortir lamaran, melakukan tes psikologi dan                    interview awal untuk mendapatkan calon karyawan yang sesuai.
      e.      Merekomendasikan kandidat berdasarkan hasil tes psikologi dan interview awal, serta                          mengatur jadwal interview lanjutan (user, hrd, presdir), agar proses rekrutmen dapat                            berjalan dengan baik sesuai rencana.
      f.       Menyiapkan perjanjian kerja dan kontrak kerja karyawan serta mengupdate masa                                  berlakunya kontrak kerja.
      g.      Menginput data karyawan dan ke sistem agar semua terdata dengan baik
      h.      Membuat laporan rekapitulasi mutasi, promosi dan status karyawan (tambahan anak,                            menikah, berhenti).

3.      General Affair Supervisor

Tugas Pokok dan Tanggung Jawab:
      a.      Mendukung seluruh kegiatan operasional kantor dengan melakukan proses pengadaan                          seluruh peralatan kebutuhan kerja (seperti; ATK, komputer, meja/kursi kerja, AC, dst),                        maupun sarana atau fasilitas penunjang lain (seperti; kendaraan operasional, office boy,                        satpam, operator telpon, dst.) dengan cepat, akurat/berkualitas serta sesuai dengan anggaran                yang ditentukan.
      b.      Melakukan analisa kebutuhan anggaran atas pengadaan dan pemeliharaan seluruh fasilitas                  dan sarana penunjang aktivitas kantor untuk kemudian diajukan kepada bagian keuangan                    dan manajemen perusahaan untuk dianggarkan dan disetujui. Melakukan aktivitas                                pemeliharaan atas seluruh fasilitas dan sarana penunjang, serta melakukan proses                                  penggantian atas fasiltias/sarana penunjang yang rusak.
      c.      Membina hubungan dengan para vendor atau supplier barang dan jasa fasilitas/prasarana                      kantor serta membantu dalam menangani komplain atas vendor/supplier termasuk tindak                      lanjut atas penanganan nota pembayaran/invoice maupun kontrak kerja dengan pihak                          terkait.
      d.      Membuat, menjalankan dan mengembangkan sistem kerja/prosedur atas pengadaan dan                      pemeliharaan fasilitas penunjang kerja.
      e.      Melakukan survei tingkat kepuasaan atas pelayanan yang diberikan kepada seluruh                              karyawan/unit dalam perusahaan untuk tujuan peningkatan kualitas/mutu, ketepatan dan                      kecepatan pelayanan yang diberikan.
      f.       Menyiapkan laporan bulanan untuk keperluan rapat anggaran, laporan keuangan atas aset                    dan beban biaya kantor.

4.      Non Material Warehouse Staff

Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
       a.      Melakukan kontrol stock barang-barang keperluan kantor, seperti ATK, Alat Kebersihan,                     dsb.
       b.      Bertangung jawab atas keluar masuknya barang- barang keperluan perusahaan, seperti                         ATK, Alat Kebersihan, dan barang-barang yang dibutuhkan baik untuk keperluan dalam                       maupun luar kantor.

5.      Compensation and Benefit Supervisor

Tugas Pokok dan Tanggung jawab:
       a.      Menganalisis dan mengembangkan sistem remunerasi di perusahaan sebagai rekomendasi                   untuk meningkatkan motivasi karyawan dan mendukung pencapaian target kinerja                               perusahaan.
       b.      Memaintain dan memverifikasi data / pencatatan kehadiran pekerja, Surat Perintah Kerja                     Lembur, shift, cuti, training, dinas dan medical sehingga dapat dipakai sebagai dasar yang                   benar dalam membayarkan kompensasi dan benefit (salary, allowance, incentive, iuran                         pensiun/asuransi)
       c.      Melakukan proses payroll berdasarkan data yang benar sehingga pembayaran gaji dapat                       dilakukan dengan jumlah yang benar dan tepat waktu
       d.      Memverifikasi expense report yang diajukan pekerja atas perjalanan dinas, cuti, medical,                     training, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan jumlah yang benar
       e.      Memproses administrasi perjalanan dinas didalam dan diluar negeri (reservation, advance,                   formalitas), sehingga perjalanan dapat dilakukan dengan tepat waktu dan lancar.
       f.       Memaintain fasilitas perusahaan (perumahan, kendaraan, telepon, komputer) sesuai dengan                 policy dalam rangka program retensi dan peningkatan produktivitas pekerja
       g.      Menyelenggarakan administrasi pensiun / asuransi / pajak dan pengakhiran pekerja sesuai                   dengan ketentuan, agar setiap proses pembayaran dilaksanakan dengan benar & tepat                           waktu.
6.      Payroll Staff
Uraian tugas :
      a.      Melakukan proses pengambilan cuti tahunan dan mempersiapkan laporan-laporannya.
      b.      Melakukan proses pengambilan “Day Off Payment”, tukar “Day Off” dan tukar shift                            karyawan.
      c.      Melakukan perhitungan “meal coupon” karyawan.
      d.      Membantu HRD (Human Resources of Development) Administrator dalam pengarsipan dan                pembuatan surat-surat.
7.      Welfare Staff
      a.      Mengajukan dana untuk penggantian obat rawat jalan setiap 2 kali seminggu, bagi karyawan                yang telah menyampaikan resep pengobatan dari dokter.
      b.      Membuat laporan dana iuran Pensiun / astek setiap bulan.
      c.      Memeriksa dan mendata ijin sakit karyawan.
      d.      Mengurus administrasi ke asuransi / rumah sakit.
8.      Trainning Supervisor
      a.      Melakukan proses trainning new comer.
      b.      Melakukan proses trainning motivasi kepada seluruh karyawan setiap 1 tahun sekali.
      c.      Melakukan proses trainning sesuai dengan masing-masing departemen.
      d.      Menyiapkan segala administrasi yang berhubungan dengan trainning.
      e.      Mendata karyawan yang butuh trainning khusus.
      f.      Membuat laporan rekapitulasi pelaksanaan training dan evaluasi pelaksanaan untuk                             dikirimkan ke direksi.

Untuk pengaplikasikan tugas dan tanggung jawab seorang HRD kami gunakan aplikasi odoo
untuk lebih lanjut Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About